Modul 1.1: Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara - Portofolio Tubagus Rangga Efarasti

Breaking

Jumat, 10 Februari 2023

Modul 1.1: Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara

Paket Modul 1: Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Modul 1.1: Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara

_____________________________________________________________________

1.1.a.1 : Materi
Keterangan: Sumber Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

1.1.a.2 : Pendahuluan
Keterangan: Baca selengkapnya di materi.

_____________________________________________________________________

M = Mulai dari Diri

1.1.a.3 : Mulai dari Diri
Durasi: 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

E = Eksplorasi Konsep

1.1.a.4 : Eksplorasi Konsep
Pembelajaran 2a
Durasi: 3 JP (135 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) mengenai tujuan dan asas pendidikan;
Peserta menganalisis konsep-konsep pemikiran KHD berdasarkan pengalaman pembelajaran yang berpihak pada murid.

Pembelajaran 2b
Durasi: 2 JP (90 menit)
Moda: Forum Diskusi yang difasilitasi oleh Fasilitator
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam forum diskusi.

SIMAK VIDEO

R = Ruang Kolaborasi

1.1.a.5 : Ruang Kolaborasi
Durasi: 6 JP [(3JP +3JP - 270 menit)]
Moda: Penugasan & Presentasi Kelompok - Penguatan Konsep dari Fasiltator
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.

Kelompok 1:
Alfiatul Wadi’ah (Moderator)
Ririn Yuliawati (Pemateri 1)
Tubagus Rangga Wira Mahendra (Pemateri 2)
Enon (Notulen)

SIMAK VIDEO

R = Ruang Kolaborasi

1.1.a.6 : Demonstrasi Kontekstual
Durasi: 2 JP (90 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - "Pendidikan yang Berpihak pada Murid" - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

SIMAK VIDEO

Keterangan: Metafora Refleksi Filosofi KHD - Deklamasi Puisi Tribute to Ki Hajar Dewantara.

E = Elaborasi Pemahaman

1.1.a.7 : Elaborasi Pemahaman
Durasi: 2 JP (90 menit)
Moda: Ruang Diskusi Virtual bersama Instruktur
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu memberikan perspektif refleksi kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam Elaborasi Pemahaman dengan berdialog bersama Instruktur.

Instruktur: ???

K = Koneksi Antar Materi

1.1.a.8 : Koneksi Antar Materi
Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

SIMAK VIDEO

A = Aksi Nyata

1.1.a.9 : Aksi Nyata
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP).

SIMAK VIDEO

Keterangan: Lasak Darma I (Pembelajaran yang Berpihak pada Murid)

_____________________________________________________________________

1.1.a.10 : Surat Penutup
Keterangan: Baca selengkapnya di materi

1.1.a.11 : Penilaian Kinerja Instruktur oleh CGP
Keterangan: Baca selengkapnya di materi

1.1.a.12 : Jurnal Refleksi Dwiminggu 1

SIMAK VIDEO

Keterangan: Model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan)

_____________________________________________________________________

#rangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar